Warm Up! Pre-Event Forum Anime Indonesia

forum-anime-indonesia---poster-web

Sabtu, 28 Desember 2013 di Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia, Depok (Comic Frontier)

pukul 13.00-16.30 WIB

Pasar anime (kartun Jepang) di Indonesia berkembang dinamis. Namun masih ada keluhan-keluhan yang tak terjembatani oleh para pelaku dan komunitas yang ada di dalamnya.

Fakta di lapangan sering tidak sesuai dengan perhitungan bisnis yang ada sebelumnya. Siapa yang menyangka dan mampu menjelaskan kesuksesan Attack on Titan meski animenya belum masuk resmi ke Indonesia? Atau fenomena-fenomena acara jejepangan yang selalu dipenuhi oleh orang baik yang gratis maupun yang mahal harga tiketnya. Atau banyaknya orang di Indonesia yang rela membeli figur anime meskipun harganya bisa mencapai dua kali lipat dari harga barang tersebut di Jepang.

Di sisi lain, kiprah lisensor anime di Indonesia nyaris tak terdengar bahkan menghilang. Atau simak pemutaran film Evangelion yang begitu sepi pengunjung beberapa tahun silam. Atau televisi-televisi yang mengurangi porsi tayangan anime karena masalah risiko bisnis dan finansial.

Forum Anime Indonesia merupakan sebuah acara diskusi pertama di Indonesia yang berupaya memetakan masalah-masalah “diskoneksi” yang dihadapi pelaku aktif dalam perkembangan anime di Indonesia, di antaranya:

–       Pemerintah sebagai regulator dianggap tidak memahami semangat anime

–       Masyarakat yang melihat anime semata-mata kartun anak belaka

–       Industri penerbit-distributor-lisensor yang tidak mengetahui di mana pasar berada

–       Televisi yang menghadapi dilema persaingan yang semakin ketat (tekanan bisnis) sementara tidak dapat mengakomodasi apa keinginan pasar

–       Penggemar yang mengeluhkan sulitnya akses anime di Indonesia

Diskusi interaktif ini berusaha menjawab hal-hal sederhana seperti “apa yang dimaksud pasar”, “di mana pasar itu”, maupun hal-hal yang saat ini dialami oleh seluruh kalangan penggemar anime di Indonesia.

Konsep acara yang bersifat B2C (Business to Community) dan diselenggarakan di acara pasar kreatif independen bertema anime/manga membuat diskusi berjalan utuh dan merefleksikan potret penggemar anime di Indonesia saat ini.

Digelar oleh KAORI Nusantara sebagai komunitas dengan lima tahun pengalaman, Forum Anime Indonesia diharapkan mampu menemukan dan memecahkan masalah-masalah yang tidak maupun belum terbayangkan dalam acara-acara diskusi lain sebelumnya.

Kevin Wilyan, ketua panitia acara ini mengungkapkan keinginannya agar diskusi ini dapat menjadi sarana menelusuri keinginan pasar di Indonesia saat ini.

“Mengingat dinamika penggemar anime yang begitu besar saat ini, saya berharap acara ini mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan klasik yang beredar di tengah teman-teman penggemar anime saat ini, serta menjadi pasar bagus bagi industri agar dapat langsung berhubungan dengan fans,” ungkapnya.

 

 

Tentang KAORI Nusantara:

KAORI Nusantara (Komunitas Anime Otaku Rakyat Indonesia) adalah sebuah komunitas pecinta dan pemerhati kebudayaan anime di Indonesia. Didirikan pada 2008, sampai hari ini lebih dari 6.000 anggota KAORI telah tersebar di delapan daerah di Jawa dan di lima divisi regional di luar Jawa, meliputi kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Solo, Medan, hingga Denpasar dan Makassar. KAORI berkomitmen untuk mendukung kemajuan anime dan industri kreatif lokal di Indonesia, serta menciptakan komunitas yang nyaman dan menyenangkan bagi para penggunanya.

 

Kontak:

Situs web: http://www.kaorinusantara.web.id/

twitter @kaorinusantara

Facebook: KAORI Nusantara

email: [email protected]