“Sampai jumpa di Comic Frontier 15!” kata-kata tersebut masih terngiang di telinga kami. Kata-kata yang diucapkan oleh para MC main stage di penghujung acara Comic Frontier 14, 23 Februari 2020. Seperti biasanya, sudah menjadi sebuah kultur tersendiri di kalangan panitia dimana kami menutup acara Comic Frontier dengan memberi harapan bahwa kita semua akan kembali bertemu di event Comic Frontier selanjutnya. 

Namun kali ini, kata-kata tersebut tidak bisa mempertemukan kita kembali dalam perhelatan Comic Frontier. Pandemi global Covid-19 menjadi tamu tak diundang yang mengubah semua aspek kehidupan kita. Untuk pertama kalinya kita semua melewati satu tahun tanpa adanya Comic Frontier.

Satu Tahun yang Tidak Terduga, dari Rencana Pengunduran Tanggal Hingga Munculnya Ide Event Online

Tidak ada yang menduga situasi pandemi ini berlangsung hingga sepanjang ini. Kami pun sempat berpikir masih “mungkin” melaksanakan CF15 di tahun 2020 karena beberapa event lain, pada waktu itu (sekitar Maret-Juni 2020), mengumumkan pengunduran pelaksanaan. Awalnya kami mengira, mungkin kami bisa melakukan hal serupa, mengundurkan pelaksanaan seperti event lainnya. Hanya saja beberapa panitia memutuskan untuk jangan mengumumkan pengunduran CF15 untuk publik karena situasi masih belum sepenuhnya kondusif. Ternyata dugaan tersebut benar adanya hingga hari ini, situasi masih jauh dari kata kondusif untuk diselenggarakannya CF15. Alasan keamanan menjadi prioritas kami, karena tidak dapat dipungkiri, tanpa adanya pandemi saja setiap penyelenggaraan Comic Frontier masih harus berhadapan dengan membludaknya partisipan dan pengunjung. Apalagi dengan situasi pandemi, kami tidak ingin Comic Frontier berubah menjadi Covid-19 Frontier.

Melihat realita yang masih jauh dari kata kondusif, akhirnya kami memutuskan untuk melakukan mitigasi dengan merencanakan sebuah event online. Kami memutuskan untuk tidak menggunakan nama Comic Frontier 15 untuk event online ini karena bagi kami, Comic Frontier 15 sejatinya akan menjadi sebuah event offline seperti Comifuro-Comifuro sebelumnya. Karena itu kami me-“reserve” nama CF15 untuk event offline yang kelak akan kami adakan kembali ketika suasana sudah kembali kondusif. Sempat terpikir juga pada waktu itu apakah kami akan menamakan event online kami sebagai Comifuro 14-B, Comifuro Art Online, atau Comifuro 14: A Realm Reborn. Namun akhirnya tercetuslah ide untuk menggunakan nama Comivuro, singkatan(?) dari Comifuro Virtual, sebagai nama event online kami.

No photo description available.
Kemudian Mengenai Comivuro…

Alasan utama dari diadakannya Comivuro ini adalah untuk memberikan secuil suasana berada di sebuah event doujin seperti yang biasa kami selenggarakan. Karena itu kami berencana untuk mengadakan sebuah event online di mana para partisipan bisa melakukan transaksi dan menonton konten acara yang akan kami siarkan melalui livestream. Kami sadar bahwa mau bagaimanapun event online tetap tidak bisa menggantikan sensasi bisa bertemu langsung di Kartika Expo selama dua hari dalam Comic Frontier seperti biasanya, namun setidaknya kami berharap melalui Comivuro kami bisa menghadirkan sebagian dari sensasi event offline tersebut ke ranah virtual.

Sebagai bayangan, event Comivuro ini nantinya akan dilaksanakan di beberapa platform online yang bisa kami gunakan. Untuk transaksi rencananya kami akan melakukan “upgrade” dari sistem pendaftaran dan katalog online di situs kami, di mana nantinya circle bisa melakukan pendaftaran dan mendapatkan nomor space, floormap, serta mengisi katalog online di comifuro.net. Di saat yang bersamaan konten acara akan kami siarkan secara live di situs lain. Baik pendaftaran circle dan konten acara akan kami selenggarakan tanpa dipungut biaya. Kami juga berencana menggunakan Discord sebagai tempat para partisipan bisa saling berinteraksi satu sama lain.

Karena itu masih banyak PR dan beberapa persiapan yang harus kami siapkan untuk bisa mewujudkan terlaksananya Comivuro ini. Awalnya event ini kami rencanakan untuk diadakan menjelang akhir tahun 2020, namun dengan situasi pandemi di mana tim internal kami tidak bisa melakukan pertemuan tatap muka untuk membahas persiapan event seperti biasanya, perencanaan event virtual ini menjadi tantangan tersendiri bagi tim kami. Masih banyak persiapan yang harus kami rampungkan untuk merancang sistem penyelenggaraan Comivuro ini, dan semua kami kerjakan secara remote dari rumah (atau kos-an) kami masing-masing. Namun kami akan berusaha untuk bisa memberi update mengenai persiapan yang kami kerjakan setiap pekan melalui “Surat dari Panitia” ini. 

Penutup

Kami harap dalam waktu dekat ini kami bisa segera mengumumkan tanggal pasti dan sistem seperti apa yang akan kami gunakan untuk event virtual Comivuro ini. Saat ini, satu hal yang bisa kami umumkan secara pasti adalah bahwa Comivuro akan kami selenggarakan sebagai event virtual untuk pelepas rindu dari absennya Comic Frontier selama lebih dari satu tahun ini, dan juga Comic Frontier 15 akan kami selenggarakan kelak jika memang kondisi sudah jauh lebih kondusif dibanding saat ini. 

Satu tahun tanpa Comic Frontier rasanya memang aneh, mungkin terasa surreal bagi sebagian dari kita. Tidak hanya Comic Frontier saja, tentu kita semua merindukan momen dimana kita bisa saling bertemu dengan leluasa di sebuah event pop culture offline, mengadakan gathering komunitas fandom, ber-cosplay di tengah keramaian event, atau mendatangi booth illustrator favorit kita. Semoga kita semua bisa berada dalam kondisi sehat dan baik-baik saja, agar kita bisa kembali bertemu secara virtual ketika Comivuro mulai mengudara, dan bisa kembali bertatap muka dalam perhelatan Comic Frontier 15 kelak. Sampai bertemu lagi dalam surat kami berikutnya!

Salam,
Rafly Nugroho, Penanggung Jawab konten dan acara Comic Frontier