Halo pembaca budiman di mana pun kalian berada, jumpa lagi dalam surat sederhana dari kami panitia Comic Frontier Virtual. kali ini kami akan memberi gambaran mengenai penyelenggaraan Comivuro. Sebagai event pertama yang kami selenggarakan secara virtual. Banyak hal yang harus kami lakukan untuk menyesuaikan diri.
Pertama penyelenggaran Comivuro kali ini gratis, circle maupun partisipan tidak akan dipungut biaya apapun untuk berpartisipasi. Kedua semua aktivitas harus dilakukan secara remote, menyiapkan event dan menyesuaikan pola kerja di tengah situasi pandemi menjadi tantangan sekaligus kesempatan bagi panitia. Kami tidak harus standby di venue sejak H-3, tidak ada briefing atau brainstorming secara tatap muka, bahkan tidak semua panitia akan hadir di tempat.

(Sayangnya suasana seperti ini tidak akan bisa ditemukan di Comivuro nanti.)
Kira-kira demikian gambaran persiapan secara umum penyelenggaraan Comivuro. Kini kami akan memberikan gambaran (semoga agak) detail mengenai bagaimana konten acara dan juga market circle Comivuro akan diselenggarakan.

Persiapan Konten Acara

comic frontier
Mindset utama kami dalam mengadakan Comivuro adalah membawa secuil pengalaman di Comic Frontier offline ke ranah online sambil menghadirkan hal baru yang hanya bisa kami lakukan secara online. 
Apa saja secuil pengalaman yang akan hadir di Comivuro? Beberapa konten acara seperti talkshow dengan kreator, diskusi panel dan guest performance akan diadakan namun konten seperti Utattemita akan mengalami penyesuaian. Saat ini salah satu tantangan besar yang harus segera kami selesaikan adalah bagaimana tetap bisa menghadirkan Utattemita secara online, semoga dalam waktu dekat kami bisa memberikan detail lebih banyak mengenai konten acara Comivuro.
Bagaimana dengan venue? Comivuro adalah event online maka venue acara pun dilakukan secara virtual. Comivuro akan diadakan di dua tempat bersamaan; “Main Stage” yang menggunakan platform live stream serta channel Discord sebagai “Market Area” untuk Circle. Kedua venue virtual ini akan menjadi kesatuan di mana partisipan dan cirlce bisa saling berinteraksi. Partisipan dan Circle tidak hanya berinteraksi dengan chat di Discord, Partisipan dan Circle juga bisa terlibat langsung dalam konten acara yang kami persiapkan, sehingga teman-teman tidak hanya menonton tapi bisa ikut serta aktif di event ini dan merasakan sedikit pengalaman berada di event offline.

 

Persiapan Sistem Transaksi

comic frontier

Market area untuk circle adalah point of interest utama dari setiap penyelenggaraan Comic Frontier. Partisipasi teman-teman circle dan para kreator merupakan “backbone” dari perkembangan Comic Frontier hingga bisa sampai ke titik sekarang ini. Karena itu Comivuro ini kami tetap berusaha menjadi wadah bagi para kreator dan circle untuk bisa melakukan showcase dan menjual karya.

Banyak penyesuaian yang harus dilakukan untuk membuka market area di Comivuro. Pertama kita akan memanfaatkan katalog online yang ada di situs comifuro.net sebagai “virtual market area”. Kedua kita juga akan memanfaatkan server Discord untuk tempat para pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan para kreator. Ketiga menggunakan main stage sebagai tempat showcase bagi para circle.

Comivuro kali ini masih belum bisa menjadikan website comifuro sebagai sarana melakukan transaksi langsung. Karena itu kami membebaskan para circle untuk memasukkan dan menggunakan platform marketplace pilihannya untuk bertransaksi ataupun membuka jasa commission.

Di server Discord nanti kami berencana untuk membuat berbagai channel berdasarkan pembagian blok circle. Sama seperti Comic Frontier biasa, nantinya para circle yang telah mendaftar akan tetap mendapat circle cut dan nomor “meja” yang dibagikan berdasarkan barisan yang kami tentukan. Bayangkan saja nanti di Discord akan ada channel “Market Blok A”, “Market Blok B”, dan sebagainya. Melalui channel Discord inilah para pengunjung bisa berinteraksi dengan circle, dan teman-teman circle bisa mempromosikan jualan produk/service masing-masing.

Detail lebih lanjut mengenai sistem transaksi ini akan kami informasikan begitu pendaftaran circle sudah dibuka. Semoga dalam waktu dekat ini kami sudah bisa membuka form pendaftaran untuk circle. Oh iya, dan tidak lupa, pendaftaran circle untuk Comivuro kali ini dilakukan secara gratis, tanpa biaya! Namun tetap dengan slot yang terbatas.

Penutup

Demikianlah gambaran umum mengenai pelaksanaan Comivuro dari sisi konten acara dan market area. Informasi lain mengenai detail Comivuro akan kami sampaikan melalui media sosial dan juga surat-surat lain yang akan kami tulis nanti. Terima kasih telah membaca surat kami kali ini, semoga kita semua bisa terus berada dalam kondisi sehat agar kita bisa bertemu secara virtual di Comivuro dan juga bertemu secara langsung di Comic Frontier offline di masa depan.

Salam,
Rafly Nugroho, Penanggung Jawab konten dan acara Comic Frontier